Sabtu, 05 Maret 2011

Pemrograman Berorientasi Objek - Java Basic

Pemrograman berorientasi obyek (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang menggunakan "objek", struktur data yang terdiri dari data dan metode digunakan bersama dengan interaksinya - untuk merancang aplikasi dan program komputer. Teknik Pemrograman dapat mencakup fitur seperti data abstraksi, enkapsulasi, modularitas, polimorfisme, dan pewarisan. Banyak bahasa pemrograman modern sekarang mendukung OOP, terutama Java.

Konsep OOP adalah konsep pembuatan class-class pada java yang kemudian semua class tersebut dipanggil dalam sebuah object dalam class lain, misal Main class. Dan implementasinya di Main class-nya. sebagai contoh, dibawah ini merupakan salah satu contoh cara kita meciptakan sebuah class bernama manusia, dimana didalam class manusia terdapat beberapa konstruktor dan sebuah method bernama makan(). dan kemudian method tersebut akan dipanggil pada main class atau class utama.

Contoh syntax konsep OOP Java:
  1. //*************** manusia.java ***************  
  2. class manusia {  
  3.     private String nama;  
  4.     private String alamat;  
  5.   
  6.     public String getNama() {  
  7.         return nama;  
  8.     }  
  9.   
  10.     public void setNama(String nama) {  
  11.         this.nama = nama;  
  12.     }  
  13.   
  14.     public String getAlamat() {  
  15.         return alamat;  
  16.     }  
  17.   
  18.     public void setAlamat(String alamat) {  
  19.         this.alamat = alamat;  
  20.     }  
  21.       
  22.     public void makan(){  
  23.         System.out.println("mie ayam");  
  24.     }  
  25. }  
  26. //****************************************  
 Kemudian panggil class tersebut di class Main.
  1.  public class Main{  
  2.     public static void main(String[] args) {  
  3.         manusia man = new manusia(); //membuat object di Main class  
  4.         man.setNama("aanpeace"); //meng-set nama  
  5.         man.setAlamat("Lombok"); //meng-set alamat  
  6.    System.out.print("Nama saya "+man.getNama()+", saya dari "+man.getAlamat()); //get nama dan alamat  
  7.         System.out.print(" dan saya suka makan ");  
  8.         man.makan(); // memanggil method makan  
  9.     }  
  10. }   
  11. //**************************************** 
 Output:
Nama saya aanpeace, saya dari Lombok dan saya suka makan mie ayam
SELAMAT  MENCOBA.....!!! 

0 komentar:

Posting Komentar

 
.::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Powered by AanPeace Doank and www.salmanalfarisi.com :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::.